Anggaran Pendidikan sebesar 20%????

Posted on Februari 7, 2008. Filed under: Pendidikan |

Sebuah negara yang maju adalah sebuah negara yang menaruh perhatiannya pada pendidikan. Semua orang juga tau…hehe  Kita ambil contoh AS,Rusia,Jepang, dll (didalamnya indonesia tidak masuk lho). Kenapa saya berani berkata seperti itu, kita bisa liat dari berbagai posisi. Baik dari posisi universitas,indeks manusianya,bahkan anggaran pendidikannya.

Korea Selatan pada tahun 1960-an adalah sebuah negara yang tidak begitu ditakuti di Asia dibanding Indonesia (dianggap macan timur) pada jaman itu. Krisis perang membuat negara tersebut sedikit sekali anggarannya. Namun mereka justru menaruh perhatian besar pada pendidikan, 18% dari PDB negara tersebut diberikan pada sektor penddikan. Korea selatan menempati urutan pertama dalam hal anggaran terbesar untuk pendidikan dibawah AS (17%) dan Norwegia (16,5%)— (kurang lebih lho).

Dan tidak beberapa lama, atau kira-kira 30-40 tahun berikutnya Korsel berubah total. Dari sebuah negara yang dulunya selalu mengimpor segala sesuatu, sekarang menjadi sebuah negara yang power di Asia (salah satu Macan timur). Seharusnya kita belajar dari Korsel. Dan sekarang Korsel terus menambah anggaran dan memperbaiki sistem pendidikannya.

Mengapa Indonesia tidak pernah belajar dari keberhasilan negara lain? ditinjau dari anggaran saja, kita tidak penah menggubrisnya. Para pihak yang concern terhadap pendidikan di Indonesia sudah berulang kali meminta agar realisasi 20% anggaran pendidikan segera jadi. Alasan kurangnya anggaran selalu menjadi alasan?? payah!! Padahal untuk bangkit, kita memang harus butuh pengorbanan. Keadaan kita aat ini pasti lebih baik dari Korsel(pada saat perang), dan Jepang(pada saat Restorasi Meiji), Rusia(jaman T-sar-sedang banyak pergolakan perang dan kekuasaan). !!

Kalau begini terus pastinya Indonesia tidak akan pernah bangkit, jika tidak memperbaiki salah satu pilar yang penting dalam mewujudkan berbagai cita-cita bangsa?!!

Make a Comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d blogger menyukai ini: