Persenjataan TNI AD Sudah Tua

Posted on Februari 6, 2008. Filed under: Uncategorized |

Rabu, 6 Februari 2008 | 02:15 WIBBandung, Kompas – Sebanyak 40 persen dari berbagai jenis alat utama sistem persenjataan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat berusia tua. Pembaruan atau perbaikan akan dilakukan secara bertahap, tergantung dari anggaran yang diterima TNI AD tahun ini.Demikian dikatakan Kepala Staf Angkatan Darat Letnan Jenderal Agustadi Sasongko Purnomo seusai menghadiri penanaman pohon penghijauan di Pusat Pendidikan Infanteri Pusat Persenjataan Infanteri Cipatat, Padalarang, Bandung, Selasa (5/2).

Menurut Agustadi, 40 persen alat utama sistem persenjataan (alutsista) TNI AD masih berusia tua, di antaranya keluaran tahun 1945, 1957, 1960, dan 1960, seperti meriam 57 milimeter dan kendaraan amfibi.

”Memang sebaiknya alutsista itu harus diganti agar tidak mengganggu kinerja TNI,” lanjutnya.

Seperti diberitakan, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Senin, memerintahkan Panglima TNI beserta segenap jajarannya agar melarang penggunaan alutsista, seperti kapal, pesawat, dan kendaraan tempur, yang sudah berusia sangat tua.

Imbauan itu terkait dengan insiden tewasnya enam prajurit Marinir dalam latihan perang di Situbondo, Jawa Timur, akhir pekan lalu (Kompas, 4/2).

Pengurangan anggaran

Meskipun demikian, lanjut Agustadi, kabar pengurangan anggaran pertahanan bagi TNI sebesar 15 persen dari tahun sebelumnya menjadi salah satu bahan pertimbangan lain.

Hingga saat ini pihaknya masih menunggu kepastian mengenai berapa anggaran yang akan diterima TNI AD tahun ini sehingga belum bisa menentukan apa saja alutsista yang akan diganti atau diperbarui.

Namun, Agustadi mengatakan telah siap menghadapi kemungkinan terburuk apabila terjadi pengurangan anggaran. Pihaknya akan menghitung dan memetakan kembali kebutuhan apa saja yang menjadi prioritas dan yang bukan.

”Yang tidak prioritas untuk sementara akan dikesampingkan. Pembaruan atau perbaikan terhadap alutsista yang berusia tua adalah prioritas utama. Hal ini menjadi kebutuhan paling penting,” kata Agustadi. (CHE/ELD/A01

 Berita ini saya post dari Kompas Cetak. Berita ini sudah banyak tersiar di berbagai media. Hal yang sungguh memalukan, disaat semua negara sedang memperbarui persenjataannya Indonesia masih memakai alat-alat yang sudah berusia 40 tahun. China, India, bahkan Iran sudah akan memiliki senjata nuklir, Indonesia tank-tank saja tidak punya. Bagaimana TNI akan mengamankan pertahanan Indonesia?

Make a Comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d blogger menyukai ini: