kasus hukum adelin lis part 4

Posted on Januari 27, 2008. Filed under: Uncategorized |

part 4 berisi fakta-fakta hukum dan sebuah kesimpulan yang dapat ditarik 

Adelin Lis didakwa dengan berbagai pelangaran tindak pidana. Antara lain:

 a. Jaksa mendakwa Adelin melakukan penjarahan kayu di kawasan hutan Batang Gadis, Kabupaten Mandailing Natal, Sumatera Utara. Akibat perbuatannya itu, tidak saja kawasan hutan lindung itu hancur lebur, negara pun rugi triliunan rupiah. Untuk tuduhan ini, jaksa menyatakan Adelin melanggar Undang-Undang Kehutanan b. Selain dinyatakan melanggar Undang-Undang Kehutanan, Adelin dijerat dengan Undang-Undang Pemberantasan Korupsi. Dalam dakwaannya, jaksa menyatakan Adelin tidak membayar provisi sumber daya hutan (PSDH) dan dana reboisasi dari tahun 2000 hingga 2005. Untuk membuktikan semua dakwaan itu, jaksa mendatangkan 85 saksi, termasuk dua saksi ahli dari Institut Pertanian Bogor, Darsono dan Basuki Wasis. Jaksa menuntut Adelin menjalani hukuman 10 tahun penjara serta membayar denda Rp 1 miliar, uang PSDH Rp 119,8 miliar, dan dana reboisasi US$ 2,9 juta 

c. Setelah gagal menjerat Adelin Lis dengan pasal pembalak liar dan koruptor sebagaimana diatur dalam UU Kehutanan dan UU Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi, Polri getol memburu dan akan menjeratnya dengan kasus baru. Yaitu money laundering dan pelanggaran terhadap lingkungan hidup sebagaimana diatur dalam UU Pengelolaan Lingkungan Hidup (UU No 23 Tahun 1997). 

Vonis bebas Adelin semoga menjadi pelajaran bagi penegakan hukum di Indonesia. Tekad kuat dari pemerintahan SBY untuk memberantas korupsi, pembalakan liar, isu lingkungan benar-benar di uji dalam kasus ini. Namun tekad itu juga harus dibarengi kerja keras dari berbagai pihak yang terkait, termasuk Polri, Kejaksaan, MA, Pemerintah, masyarakat, dll.

            Semoga kasus-kasus lain ataupun serupa yang terjadi berikutnya, tidak berakhir “tragis” seperti ini. semoga para penegak hukum berbenah diri memperbaiki cara dan kredibilitasnya. Sehingga penegakan hukum dapat berjalan dengan adil dan nyata.

 

Make a Comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d blogger menyukai ini: